Blog portal tentang sinopsis drama korea, film korea terbaru, biodata dan profil pemain drama

close

Tips Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

Kira-kira bagaimana cara mengelola keuangan secara bijak? Pertanyaan inilah yang biasanya terlintas untuk sebagian orang yang sudah bekerja, menikah atau masih seorang pelajar. Pertanyaan itu akan kita kupas dalam kesempatan kali ini bersama seorang Perencana Keuangan yakni Safir Senduk. Beliau sudah sangat paham dibidang perencanaan keuangan dan pernah menempuh pendidikan di STIE IBMI Jakarta dan meraih sertifikat CFP (Certified Financial Planner). Beliau juga mendirikan Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk bersama rekan-rekannya di awal tahun 1988.

Selain itu, Safir Senduk juga berhasil menulis 10 buku tentang keuangan, buku pertamanya yang berjudul “Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak” ditulis pada tahun 1999, dan bukunya yang berjudul “Siapa Bilang Jadi Karyawan Ngak Bisa Kaya?" Menjadi salah satu buku Best Seller dengan penjualannya lebih dari 30.000 eksemplar, dan telah dicetak ulang hingga 17 kali dalam kurun waktu 2 tahun saja. Beliau juga menjadi seorang pembicara di ratusan acara Seminar dan Pelatihan tentang keuangan serta menjadi seorang Perencana Keuangan pertama Indonesia yang berbicara di Hongkong dan Amerika Serikat. Diawal Agustus 2013, Beliau menjadi Perencana Keuangan pertama Indonesia yang berhasil masuk di iTunes Store, Toko Musik dan Film Online terbesar di dunia.

Pada 1 Agustus 2015 lalu Bapak Safir Senduk juga berkesempatan untuk mengisi sebuah acara jumpa blogger di CafĂ© XXI Plaza Indonesia yang bertema “Yuk, Kelola Keuangan dengan Bijak”. Acara ini di selenggarakan oleh PT Sun Life Financial Indonesia. Jadi tips cara mengelola keuangan bijak ini, adalah hasil rangkuman dari acara tersebut.

Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

Setelah acara jumpa blogger dimulai, maka mulailah diperkenalkan dengan Ibu Eli Waty. Beliau merupakan Direktur dan Chief Officer PT Sun Life Financial Indonesia yang mulai bergabung pada Mei 2013 lalu. Ibu Elin Waty sendiri adalah wanita kelahiran Riau yang sudah berpengalaman lebih dari 21 tahun di industry asuransi. Beliau juga sempat bekerja di berbagai perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Berkat pengalamannya memimpin berbagai devisi di bidang asuransi, Ibu dari dua anak ini menjadi seorang ahli dalam analisa pengembangan bisnis dan manajemen penjualan. Wanita alumni dari Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya ini ternyata juga sangat handal dalam pelatihan dan customer service, serta sangat fasih dalam berbahasa inggris dan bahasa mandarin.

Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk
Elin Waty Direktur dan Chief Officer PT Sun Life Financial

Sekilas mengenai PT Sun Life Financial Indonesia



Sun Life Financial adalah organisasi jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan aneka produk asuransi dan wealth management untuk nasabah individu maupun korporat yang didirikan pada 1865. Sun Life Financial Indonesia bersama para mitrannya saat ini beroperasi di pasar utama dunia, yakni Kanda, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, China, Malaysia, Vietnam dan Bermuda.

Tips Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

Di Indonesia sendiri, Sun Life Financial mulai beroperasi pada tahun 1995 dan dikenal sebagai PT Sun Life Financial Indonesia. Mereka juga menyediakan masyarakat Indonesia dengan program yang lengkap mulai dari proteksi dan pengelolaan kekayaan, termasuk asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua.

Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

Dengan Visinya yang berbunyi “Menjadi salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia” dan Misinya berbunyi “Membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan financial” serta memegang Nilai : Integritas, Keikutsertaan, Fokus pada nasabah, Unggul, Nilai dan Inovasi, ini berhasil mengantarkan PT Sun Life Financial Indonesia meraih berbagai penghargaan bergengsi, lihat Penghargaan PT Sun Life Financial Indonesia disini.

Peran Sun Life untuk Masyarakat :
Kepedulian Sun Life kepada masyarakat juga amat dirasakan, karena Sun Life telah mengadakan tanggung jawab sosial perusahaan yang ditujukan untuk :

Siapa Yang Paling Kaya?

Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk
Dari Kiri : Karyawan, Professional, Pengusaha
Kalimat inilah yang ditanyakan Safir Senduk kepada audience ketika membuka sesi acaranya. Sebenarnya “Siapakah Yang Paling Kaya?” dari ketiga profesi yakni Karyawan, Professional dan Pengusaha? Namun sebelum anda menentukan manakah yang paling kaya, mari kita bahas terlebih dahulu definisi dari ketiganya.
  • Karyawan adalah seorang yang bekerja dalam sebuah organisasi dan sebagai kompensasinya ia mendapatkan penghasilan sebulan sekali, untuk besar penghasilannya dibatasi oleh peraturan di perusahaannya.
  • Professional adalah seorang yang bekerja memberikan jasanya dan dari jasa yang ia berikan ia mendapatkan penghasilan. Semakin banyak orang yang meminta jasanya, maka akan semakin banyak pula penghasilannya. Seorang blogger masuk dalam kategori ini termasuk saya, hehehe…
  • Pengusaha adalah seorang yang memiliki bisnis sendiri dan umumnya memiliki tim yang membantu menjalankan bisnis tersebut, dimana kalaupun orang tersebut pergi, maka timnya masih tetap dapat menjalankan bisnisnya dan dapat memberikan penghasilan untuk si pemilik bisnis. Penghasilan ini berasal dari pembagian laba bisnisnya.
Lalu siapakah yang paling kaya? Karyawan, Professional atau Pengusaha? Ternyata jawabannya adalah bukan siapa yang jabatannya paling tinggi atau penghasilannya yang paling besar, melainkan orang yang bijak dalam mengelola keuangannya dan orang yang memiliki investasi paling banyak. Gaji dan jabatan ternyata belum menjamin seseorang tersebut kaya atau tidak, karena belum tentu orang yang berpenghasilan besar lebih kaya dibandingkan orang yang berpenghasilan pas-pasan. Belum tentu juga orang yang memiliki pangkat tinggi lebih kaya dibandingkan dengan pegawai rendah. 

Karakter Pribadi Mempengaruhi Keuangan

Safir Senduk dalam presentasinya juga mengatakan bahwa karakter pribadi seseorang akan menentukan bagaimana seseorang tersebut mengelola keuangan, termasuk bagaimana mengelola penghasilan, mengatur pengeluaran, memilih asset serta memilih investasi. Karakter pribadi seseorang juga ditentukan oleh apa yang ada dalam kepala, yakni Otak. Otak sendiri memiliki 2 bagian besar, yakni otak kiri dan otak kanan, dimana masing-masing otak memiliki fungsi yang berbeda. Lalu karakter apa yang anda miliki sekarang?

Kelola Keuangan Anda dengan Bijak !

Setelah anda mengenali karakter pribadi anda, maka langkah selanjutnya adalah memahami tentang Mengelola CashFlow. Mengelola Cashflow merupakan hal pertama yang paling penting dalam mengelola keuangan. Anda juga dituntut untuk mengetahui bagaimana anda bisa mengatur arus keluar masuk uang dari penghasilan yang anda dapatkan. Cashflow sendiri memiliki 3 golongan, yakni :

Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

Anda termasuk dalam kategori yang mana? Setelah kita tahu tentang cashflow yang kita miliki kini saatnya Bapak Safir Senduk akan memberikan tips cara mengelola keuangan bijak. Sebenarnya tips ini tidak banyak, yakni hanya 3 tips saja. Meskipun hanya 3 tips apakah anda yakin dapat menjalaninya? Mari kita simak apa saja 3 tips tersebut :

1. Memiliki Investasi sebanyak mungkin

Sebenarnya masih banyak orang diluar sana yang berpikir bahwa untuk menjadi seorang yang sejahtera adalah dengan memiliki gaji yang banyak atau gaji besar, dan semakin besar gaji yang ia miliki maka akan semakin besar pula kesejahteraan yang ia dapatkan. Namun hal ini adalah pemahaman yang salah, karena dalam perencanaan keuangan ini akan sangat merepotkan. Kenapa? Karena jika seseorang terpaksa sudah tidak bekerja lagi, maka penghasilannya juga akan terhenti. Jadi kuncinya, jangan mengukur dan mengandalkan kesejahteraan dari nilai besarnya gaji, namun nilailah dari banyaknya asset yang dimiliki. Dalam hal ini adalah asset Produktif atau Harta Produktif, misalkan berinvestasi saham. Namun sebelum anda melakukan investasi, anda juga memastikan apakah tempat anda berinvestasi terpercaya dan aman atau tidak.Berikut ini adalah cara berinvestasi yang perlu anda pikirkan.

Tips Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

2. Siapkan Dana Untuk Masa Depan

Setiap orang pasti menginginkan dirinya beserta keluarganya memiliki masa depan yang baik. Maka dari itu, persiapkan dana untuk masa depan sedini mungkin, persiapkan juga dana untuk pos pengeluaran besar yang bakal anda keluarkan. Antara dana yang perlu anda persiapkan diantaranya :

Tips Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

3. Atur Pengeluaran

Mengatur keuangan disini bukan berarti anda harus mengeluarkan uang sedikit mungkin, tetapi berusaha agar pengeluaran anda tidak melebihi yang seharusnya. Disini bapak Safir Senduk telah memberikan tips-tips untuk mengatur keuangan anda. Sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, anda dapat merasakan perubahan besar pada pengeluaran-pengeluaran tersebut.

Tips Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk


Nah seperti itulah tips yang diberikan oleh Bapak Safir Senduk dalam mengatur keuangan bijak. Meskipun saya tidak menghadiri acara jumpa blogger pada 1 Agustus lalu, namun setelah saya membaca rangkuman yang diberikan, saya juga dapat menginstropeksi diri khususnya mengenai kebutuhan-kebutuhan yang belum saya pikirkan.

Tips Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

Semoga setelah anda membaca artikel ini anda juga menemukan poin-poin yang anda perlukan dalam mengatur keuangan bijak anda, baik itu wanita atau pun pria, saya rasa akan ada tempat atau poin-poin dimana biasanya kita akan boros, jadi mari kita sama-sama mengatur keuangan kita. Karena apa yang kita lakukan saat ini pasti akan kita rasakan di waktunya nanti. Fighting !!

Sumber gambar : Google Image
Sumber Video : Sunlife ID
Twitter Sun Life Indonesia : @Sunlife_ID
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Semua gambar, video dan link dalam blog ini bukanlah milik https://versmed.blogspot.co.id. Kami hanya menyediakan informasi dan menggunakan konten pihak ke-3 sebagai konten pendukung, kami sama sekali tidak pernah mengklaim video, gambar atau link tersebut milik kami. Kami tidak bertanggung jawab jika konten yang dimaksud memiliki hak cipta.

Silahkan baca ketentuan Disclaimer kami !!
Tags :

Related : Tips Cara Mengelola Keuangan Bijak Safir Senduk

0 comments:

drama korea 2017, koreandrama drama korea drakor terbaru sinopsis korea terbaru rating drama korea daftar drama korea good drama drama film web drama korea list of korean drama, sinopsis geet, drama korea paling populer 2016,