--> .

#69TahunBNI Melayani, Ukir Prestasi dan Berbagi Untuk Negeri

#69TahunBNI - Bank Negara Indonesia atau yang kita kenal dengan nama BNI, adalah sebuah institusi bank miliki pemerintah dan merupakan bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia yang didirikan pada tanggal 5 Juli 1945. Dalam usia barunya yang ke 69, BNI ternyata telah banyak mengantongi sejumlah prestasi dan penghargaan, selain itu BNI juga gencar melakukan kegiatan dan program sosial di berbagai sektor untuk kemajuan Negara Indonesia.

Dalam masa perjalanannya, BNI telah beberapa kali mereposisi identitas korporatnya untuk menyesuaikan dengan pasar keuangan Negara yang dinamis. Identitas atau logo yang BNI gunakan pada pertama kali berdiri adalah berupa lingkaran warna merah yang bertuliskan BNI 1946 yang berwarna emas. Logo ini melambangkan persatuan, keberanian dan patrotisme yang saat itu memang merefleksikan semangat yang dimiliki BNI sebagai bank perjuangan dan digunakan sejak berdirinya BNI tahun 1946 hingga 1988.

#69TahunBNI Melayani, Ukir Prestasi dan Berbagi Untuk Negeri
Logo pertama BNI tahun 1946-1988
Pada tahun 1988, BNI mengubah identitas korporatnya menjadi logo layar kapal dan gelombang. Lambang ini mencerminkan posisi BNI sebagai Bank Pemerintahan Indonesia yang siap memasuki pasar keuangan dunia dengan memiliki kantor cabang di luar negeri. Lambang gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai Bank Komersil Negara yang berorientasi pada pasar.
#69TahunBNI Melayani, Ukir Prestasi dan Berbagi Untuk Negeri
Logo ke-2 BNI kapal layar tahun 1988-2004
Seiring berajalannya waktu, krisis keuangan yang terjadi di Asia pada tahun 1998 mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap perbankan Nasional. Sehingga pada masa itu BNI melakukan program restrukturisasi dan rebranding yang bertujuan untuk membangun dan memperkuat reputasi BNI. Identitas baru juga dibuat dengan menempatkan angka “46” di depan kata “BNI”. Warna yang digunakan pada kata “BNI” adalah warna tosca yang melambangkan kekuatan, keunikan, dan kekokohan. Dan pada kata “46” yang dibingkai dengan bingkai warna orange diletakkan secara diagonal untuk melambangkan sebagai BNI yang baru dan modern. Identitas atau logo ini digunakan mulai tahun 2004 hingga sekarang.

Logo BNI ke-3, mulai digunakan tahun 2004 hingga sekarang

Prestasi Bank Negara Indonesia (BNI)

Dengan berpegang teguh pada salah satu Visi BNI yang berbunyi “Menjadi bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam layanan dan kinerja”, BNI terus berupaya untuk menjadi Bank yang unggul dengan memberikan dan meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh nasabah dan mitra pilihan. Maka tidak heran jika BNI banyak menorehkan segudang prestasi dan penghargaan. Pada tahun 2014 yang lalu, sudah tercatat 17 penghargaan yang diraihnya, antara lain :
  1. Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
  2. The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
  3. Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
  4. The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
  5. Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
  6. The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
  7. Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
  8. Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
  9. Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
  10. Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
  11. The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.
  12. The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
  13. Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
  14. Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
  15. Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
  16. Gatot M. Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
  17. The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
Selain penghargaan tersebut di umurnya yang menginjak 69 tahun pada 5 Juli 2015 lalu, BNI juga telah menerima beberapa penghargaan di tahun 2015 ini, antara lain :
  • Walk in Channel Terbaik No. 1 di Indonesia
Dengan penghargaan ini, BNI telah di tetapkan sebagai bank yang memiliki fasilitas serta layanan walk in-channel terbaik dibandingkan dengan bank lain yang di ikut sertakan dalam Banking Service Excellence Monitor (BSEM) tahun 2015. Dalam penghargaan ini BNI berhasil meraih posisi kedua sebagai the best e-Channel dan ditetapkan sebagai bank di peringkat terbaik dalam hal pelayanan Customer Service, Kenyamanan Ruangan, Peralatan Banking Hall, Toilet serta layanan ATM.
  • Inovasi dan Jaringan ATM Luar Negeri
Selain pelayanan terbaik diberikan didalam negeri, dikatakan BNI memiliki 5 kantor cabang di luar negeri antara lain : London, New York, Tokyo, Singapura, dan Hong Kong. Satu sub branch di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI Remittance Limited, yang khusus menangani transaksi kiriman uang. Remittance representative officer yang tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Hong Kong,Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat.

Kemudian pada jaringan elektronik yang tercatat per 31 Maret 2015, BNI terlah memiliki 14.082 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten atau kota termasuk enam ATM yang berada di luar negeri, yaitu 4 ATM di Hongkong dan 2 ATM di Singapura. Kesemua jaringan ini juga diperkuat dengan 49.933 ATM LINK, 70.825 ATM Bersama, dan 82.095 ATM Prima. g 24 jam BNI Call 1500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id untuk kebutuhan transaksi perbankan dengan ratusan fitur transaksi. Dengan berbagai inovasi serta membuat terobosan memperluas jaringan, BNI berhasil menorehkan sejarah sebagai bank yang memiliki inovasi dan Jaringan ATM di Luar Negeri terbanyak dibandingkam bank-bank asal Indonesia lainnya.
  • Bank Persepsi Terbaik
BNI merupakan Bank Persepsi Terbaik sejak 2009. BNI juga terus memperkuat layanan kepada para nasabahnya, sehingga akan memberikan rasa kepercayaan nasabah kepada BNI. Dengan menjaga konsistensi dan meningkatkan pelayanan terbaik BNI di berbagai sektor, mampu membawa BNI sebagai bank persepsi dengan layanan penerimaan Negara terbaik 2014 dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia.
  • The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, Hong Kong (14 April 2015
  • Peringkat Pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk Produk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta, Kamis (26 Maret 2015)
  • Best Remittance Provider6 tahun berturut-turut, Best Trade Solution of the Year in Southeast Asia 5 tahun berturut-turut, Best Payable Solution 4 tahun berturut-turut, Best Cross Border Merger & Acquisition Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities) serta Best Loan Deal of the Year untuk proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank lainnya. 
  • Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, serta Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment dari Majalah Asiamoney. Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta, 13 Februari 2015.
  • Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dariPricewaterhouseCoopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) Jakarta 25 Februari 2015.

BNI Berbagi Untuk Negeri

Banyaknya penghargaan yang diterima BNI, tidak lantas membuat BNI lupa dengan salah satu misinya “Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas”. Maka beberapa program wajib sosial ( Corporate Social Responsibility ), juga turut digencarkan, diantaranya Bina Lingkungan yang terdiri dari :
  • Bidang pendidikan
  • Bidang peningkatan kesehatan
  • Bidang pengembangan sarana dan prasarana umum
  • Bidang bantuan bencana alam
  • Bidang pelestarian alam
  • Bidang pengentasan kemiskinan
Selain Bina Lingkungan juga masih ada program wajib sosial lainnya salah satunya Program BNI Go Green yang terdiri dari Pelestarian alam dan lingkungan.

Dengan umurnya BNI yang telah menginjak pada angka 69 ini, semoga BNI tetap maju jaya dan berpegang teguh pada Visi dan Misi-nya. Selamat Ulang Tahun BNI yang ke 69, Tetaplah menjadi kebanggaan bangsa, berprestasi dan berbagi untuk negeri. 

# 69TahunBNI @BNI46



**Referensi : 

0 Response to "#69TahunBNI Melayani, Ukir Prestasi dan Berbagi Untuk Negeri "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel